Minggu, 22 Juni 2014

Bintang

Assalamu'alaikum Wr. Wb
kembali lagi bersama saya Yulia Mayam Sari Dalimunthe, hari ini di malam ini saya ingin menjelaskan tentang "bintang" yaps.. bintang disini bukan bintang seperti bintang Cancer, Gemini, atau apapun itu. bintang disini itu bintang seperti matahari kita dan teman-temannya.
saya kasih tau sedikit yaa gak tau kenapa saya tiba-tiba jadi suka sama ilmu bintang dan luar angkasa gitu, gak tau sebabnya tapi seru mempelajari semua apa yang ada di luar angkasa^^saya juga jadi ingin ngambil jurusan ilmu perbintangan tapi itu baru keinginan, soalnya keinginannya tuh banyak banget-_-sama seperti di blog yang sebelumnya bahwa saya ingin menjadi penulis, menjadi orang di bidang ilmu kimia dan masih banyak lagi, hehe do'ain aja yaa semoga kita semua nanti akan sukses dan membuat bangsa Indonesia menjadi lebih maju lagi, aamiin o:)
oke, blog yang bertemakan bintang ini saya ambil dari buku pak Hakim L. Malasan dan Moh. Ma'mur Tanudidjaja yang berjudul Jagad raya, yang diterbitkan oleh Pusat Perbukuan, Depdikbud tahun 1999. saya meminjam buku ini dari perpustakaan sekolah saya SMAN 1 Cibinong.
langsung aja yuk, terlalu banyak pembukaan terlalu membosankan, hehe^^
BINTANG
A. Peta Langit
Di malam hari yang cerah, bila kita tengadahkan kepala akan tampak ribuan bintang yang bertebaran di langit. Manusia pertama kali mengenal astronomi dengan berusaha memahami arti taburan bintang tsb. Manusia mulai mengelompokkan bintang terang di langit menurut persepsi tertentu yang dpat dilatarbelakangi oleh takhayul (yg melahirkan astrologi) ataupun oleh keperluan pengamatan ilmiah (astronomi). Saat ini telah di sepakati ada 88 rasi bintang, 56 diantaranya terletak di langit sebelah selatan. Sebuah peta bintang putar merupakan sarana penting bagi siapapun yang ingin mengetahui secara praktis kedudukan bintang di langit. Bagi astronom, kepentingannya akan rasi adalah untuk melokalisasikan fenomena langit, sehingga mudah baginya untuk mengarahkan teleskopnya. Begitulah, bagi astronom bintang merupakan objek langit dasar yang pada awalnya hanya digunakan secara desskriptif, akan tetapi terus berkembang sejalan dengan semakin dipahaminya proses fisis yang berlangsung di dalamnya.
Matahari adalah sebuah bintang. Karena letaknya yang dekat dengan bumi, maka fluks energi matahari jauh lebih besar daripada fluks bintang-bintang lainnya. Sebaliknya, dapat kita katakan bahwa bintang-bintang yang kita lihat di malam hari tidak lain daripada matahari-matahari juga.
B. Jarak Bintang
Bintang yang terdekat dari kita setelah matahari (jarak 150.000.000 km) adalah bintang Proksima Centauri yang berjarak 40.000.000.000.000 km! Begitu banyaknya angka yang harus ditulis membuat astronom menggunakan satuan lain untuk menyatakan jarak bintang. Dengan mengetahui bahwa dalam 1 detik cahaya bergerak melintasi 300.000 km, maka astronom mendefinisikan satuan cahaya (1 tahun cahaya = 9,46 x 10 pangkat 12 km) sebagai acuan jarak bintang. Dengan demikian, cahaya membutuhkan waktu sekitar 500 detik untuk sampai ke bumi dari matahari dan 4,3 tahun dari bintang Proksima Centauri. Dengan kata lain jarak bumi-Proksima Centauri adalah 4,3 tahun cahaya.
Penentuan jarak bintang baru dapat dilakukan pada abad ke-19, dan dikenal dengan nama cara paralaks trigonometri. Akibat gerak edar bumi mengelilingi matahari, maka bintang yang dekat akan terlihat bergeser letaknya relatif terhadap bintang-bintang yang lebih jauh. Bintang tersebut seolah bergerak menempuh lintasan berbentuk elips yang sebenarnya merupakan pencerminan gerak bumi. Jika sudut p adalah bentangan sudut yang dibentuk antara posisi bintang saat tertentu relatif pada saat acuan, maka dari trigonometri sederhana dapat dirumuskan sebagai sin p = ao/a dengan ao adalah jarak matahari-bumi, dan a adalah jarak bumi ke bintang. Karena p sudut yang kecil, maka jika dinyatakan dalam radian dapat  dituliskan sin p = ao/a.
Sebagai ilustrasi, bintang 61 Cygni (di rasi Cygnus) diukur paralaksnya 0,3 detik busur, maka dengan rumus diatas dengan mudah dapat dihitung jaraknya 10 pangkat 14 km. Astronom kerapkali menggunakan satuan jarak parsek, yang didefinisikan sebagai jarak bintang yang paralaksnya 1 detik busur. Hubungan yang diperoleh 1 parsek = 3,26 tahun cahaya.
C. Suhu Bintang
Bintang menrupakan benda langit yang amat besar. Jika kita amati secara seksama, maka warna bintang di langit berbeda-beda, ada yang kekuning-kunigan, merah, dan biru. Dapat kita simpulkan (dengan hukum Wien pada fisika radiasi, dimana λmax T = konstan) bahwa bintang yang biru memiliki suhu tinggi, sedang yang bersuhu rendah berwarna merah.
Jadi, dengan mengamati warna bintang astronom dapat mengukur suhu bintang tersebut. Pada kenyataannya diperlukan alat ukur yang sangat teliti untuk keperluan pengukuran warna bintang.
D. Terang Bintang
Kalau diperhatikan, maka jelas kita memiliki kesan ada bintang yang terang dan ada yang lemah cahayanya. Hipparchus ( 100 SM) mencoba secara kuatitatif memberikan skala terang bintang dalam konsep magnitudo, yang dalam versi modernnya digambarkan sebagai berikut. Dua bintang yang salah satunya lebih terang 100 kali memiliki magnitudo 5 nilai lebih kecil, atau dengan kata lain, jika E1 adalah fluks energi bintang 1 dan E2 adalah fluks energi bintang 2, m1 magnitudo bitang 1 dan m2 magnitudo bintang 2, maka dapat dirumuskan m2 - m1 = -2,5 log (E2/E1)
Terang bintang yang diukur di bumi hanyalah terang semu (magnitudo nisbi), yaitu terang yang kita lihat, nukan terang sebenarnya. Ada bintang yang sebenarnya sangat terang, tetapi karena begitu jauhnya maka tampak redup. Sebaliknya ada bintang yang sebenarnya tidak terlalu terang, tetapi karena dekat, jadi tampak berkilau. Untuk mengetahui keadaan instrisik suatu bintang, astronom perlu mengetahui terang sebennarnya (terang mutlak) bintang, yakni magnitudo mutlak. Magnitudo mutlak suatu bintang adlah terang bintang dalam magnitudo jika diamati dari jarak 32,6 tahun cahaya atau 10 parsek (pc), dan dirumuskan : m - M = -5+5log d(pc). (SEBENARNYA ADA GAMBAR, TETAPI KARENA TIDAK TAHU HARUS LEWAT MANA JADI SAYA HARAP KALIAN LIHAT DI GOOGLE.COM SAJA, MAAF^^)
dengan m adalah magnitudo semu(nisbi), M magnitudo mutlak, dan d (pc) adalah jarak bintang dalam satuan parsek. Oleh karena itu, jarak sebuah bintang merupakan informasi yang amat penting dalam astronomi.
E. Spektrum Bintang
Dari pembicaraan mengenai matahari diungkapkan bahwa gelombang elektromagnetik yang dipancarkan sebagai cahaya polkromatik dapat diuraikan kedalam warna-warna. Uraian cahaya inilah yang disebut spektrum. Dengan hukum Kirchhoff untuk spektrum kontinu (malar), emisi dan absorpsi, maka dasar spektroskopi (ilmu penelaahan spektrum cahaya) dibentuk.
Bila spektrum berbagai bintang diamati, terlihat pola garis spektrum yang berbeda-beda. Astronom mengelompokkan spektrum bintang berdasarkan kemiripan susunan garis spektrumnya. Klasifikasi spektrum bintanag dalam astronomi modern dinyatakan dengan simbol-simbol kelas spektrum O, B, A, F, G, K, M. Untuk memudahkan mengingatkan urutan klasifikasi spektrum bintang tersebut dibuat jembatan keledai sebagai berikut : "Oh, Be A Fine Girl, Kiss Me." Awalnya, perbedaan pola spektrum bintang diduga karena perbedaan komposisi kimiawi bintang, tetapi ternyata teori struktur dan angkasa bintang modern menunjukkan bahwa penyebab utamanya adalah perbedaan suhu bintang. Unsur dasar yang paling dominan dalam tubuh bintang adalah hidrogen, diikuti oleh helium dan dengan fraksi kecil sekali unsur-unsur atom berat.
Tabel 3.1 - Klasifikasi Spektrum Bintang


Kelas Spektrum
Suhu
Warna
O
>25.000 K
Biru
B
11.000 – 25.000 K
Biru
A
7.500 – 11.000 K
Biru
F
6.000 – 7.500 K
Biru keputih-putihan
G
5.000 – 6.000 K
Putih kekuning-kunigan
K
3.500 – 5.000 K
Jingga kemerah-merahan
M
<3.500 K
Merah

F. Diagram Hertzprung - Russell (HR)
Apabila kita rangkumkan pembicaraan terdahulu, maka jelas bahwa pengamatan astronomi terhadap objek langit khususnya bintang, bertujuan menentukan jarak, terang sebenarnya (terang mutlak), warna, dan spektrum. Jika kita dapat mengumpulkan data dari banyak bintang yang diamati, mkaa selanjutnya kita dapat membuat grafik yang menyatakan hubungan antara magnitudo mutlak dan kelas spektrum atau temperatur. Diagram ini dikenal sebagai diagram Hertzprung-Russell (disingkat diagram HR).
(SEBENARNYA ADA GAMBAR, TETAPI KARENA TIDAK TAHU HARUS LEWAT MANA JADI SAYA HARAP KALIAN LIHAT DI GOOGLE.COM SAJA, MAAF^^ TETAPI SAYA BERI PENJELASAN DERET-DERETNYA SAJA)
Dari diagram HR dapat diindentifikasikan populasi bintang-bintang berdasarkan ukurannya, sebagai berikut :
1. Bintang-bintang deret utama yang merupakan mayoritas populasi bintang di alam semesta.
2. Bintang-bintang raksasa adalah bintang yang relatif "dingin" (suhunya kurang dari 5.000 K), akan tetapi memancarkan cahaya dalam jumlah yang lebih besar (terangnya 100 kali terang matahari kita), sehingga untuk dapat bertahan haruslah memiliki jari-jari besar, atau dengan kata lain berukuran besar.
3. Bintang-bintang maharaksasa merupakan ukuran ekstrem besar dari populasi bintang (dengan jari-jari hingga 1000 kali matahari kita).
4. Bintang-bintang katai, yang sangat redup dibandingkan matahari kita, akan tetapi dari kelas spektrumnya memiliki suhu sangat tinggi. Oleh karean itu, jari-jarinya haruslah sangat kecil, sekitar 1/50 jari-jari matahari kita.
G. Evolusi Bintang
Seperti halnya manusia, bintang juga mengalami tahap "kehidupan", yakni lahir, berkembang, dan akhirnya mati atau tidak bersinar lagi. Proses inilah yang disebut sebagai evolusi bintang. Perbedaan hakiki dengan evolusi makhluk hidup adlah skala waktu yang ditempuh dalam evolusi bintang dapat mencapai milyaran tahun.
Pembentukan bintang berawal dari awan gas dan debu antarbintang (nebula). Atom-atom dari awan ini saling tarik menarik akibat gaya gravitasi dan akhirnya membentuk jabang bintang (protostar) yang kemudian mengerut, memanas, dan memijar serta mulai bersinar. Awan yang mengerut tersebut, temperatur pusatnya terus meningkat mencapai puluhan juta derajat sehingga cukup panas untuk melangsungkan reaksi termonuklir mengubah inti hidrogen menjadi helium. Tekanan radiasi akibat reaksi termonuklir inilah yang mengimbangi gaya gravitasi bintang sehingga bintang dapat stabil memancarkan cahaya, tapi hingga kapan?
Persediaan hidrogen dalam tubuh bintang sangatlah besar. Bila bintang seperti matahari telah kehabisan bahan bakar intinya, yaitu bila seluruh hidrogen di pusat bintang telah diubah menjadi helium, tak ada lagi tekanan yang menyangga lapisan luar bintang. Bintang kembali mengerut, lapisan luarnya tertarik ke dalam oleh gaya tarik gravitasi materi di dalamnya. Pengerutan akan berlangsung terus dan bintang semakin mampat dan mengecil. Akhirnya ukuran bintang di akhir riwayatnya akan sama dengan bintang katai.
Bintang-bintang yang dilahirkan bermassa dan berukuran besar ternyata tidak mengakhiri riwayatnya dengan "damai" seperti matahari, tetapi akan meledak dahsyat dan dikenal sebagai supernova. Sebagian besar materinya akan dilontarkan oleh ledakan tersebut. Sisa inti yang mengerut merupakan sebuah bintang yang sangat kompak, lebih kecil dari bintang katai tetapi sangatlah padat. Bintang ini disebut sebagai bintang neutron.
Yeaay selesai, semoga bermanfaat, semoga bisa jadi referensi buat kalian penyuka astronomi. Maaf yaa kalau ada yang typo, hehe^^ Semoga datang kembali ke blog saya yang alakadarnya ini :p
Mohon kritik dan sarannya, maklum baru pemula...

Tentang saya :
Fb : Yulia Dalimunthe
Twitter : @yuliadlm
Ask.fm : @yuliadlm
Email : yuliadlm11@gmail.com

2 komentar:

  1. Halo, semuanya, tolong, saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan menjadi seorang wanita kaya dan sekarang saya memiliki kehidupan yang sehat tanpa tekanan dan kesulitan keuangan,

    Setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah ditipu dari 400 juta, saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari kreditor online yang sah dalam kredit dan tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk meminta saran kepada teman saya tentang bagaimana cara mendapatkan pinjaman online, kami membicarakannya dan kesimpulannya adalah tentang seorang wanita bernama Mrs. Maria yang adalah CEO Maria Loan. Perusahaan

    Saya mengajukan jumlah pinjaman (900 juta) dengan suku bunga rendah 2%, sehingga pinjaman yang disetujui mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan untuk transfer. pinjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan menjawab doa saya dengan memesan pemberi pinjaman saya dengan kredit saya yang sebenarnya, yang dapat memberikan hati saya harapan.

    Terima kasih banyak kepada Ibu Maria karena telah membuat hidup saya adil, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Maria dengan baik melalui E-mail (mariaalexander818@gmail.com) ATAU Via Whatsapp (+1 651-243 -8090) untuk informasi lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda,

    Jadi, terima kasih banyak telah meluangkan waktu Anda untuk membaca tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda.
    Nama saya adalah kabu layu, Anda dapat menghubungi saya untuk referensi lebih lanjut melalui email saya: (kabulayu18@gmail.com)

    Terima kasih semua.

    BalasHapus
  2. Halo, semuanya, tolong, saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan menjadi seorang wanita kaya dan sekarang saya memiliki kehidupan yang sehat tanpa tekanan dan kesulitan keuangan,

    Setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah ditipu dari 400 juta, saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari kreditor online yang sah dalam kredit dan tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk meminta saran kepada teman saya tentang bagaimana cara mendapatkan pinjaman online, kami membicarakannya dan kesimpulannya adalah tentang seorang wanita bernama Mrs. Maria yang adalah CEO Maria Loan. Perusahaan

    Saya mengajukan jumlah pinjaman (900 juta) dengan suku bunga rendah 2%, sehingga pinjaman yang disetujui mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan untuk transfer. pinjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan menjawab doa saya dengan memesan pemberi pinjaman saya dengan kredit saya yang sebenarnya, yang dapat memberikan hati saya harapan.

    Terima kasih banyak kepada Ibu Maria karena telah membuat hidup saya adil, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Maria dengan baik melalui E-mail (mariaalexander818@gmail.com) ATAU Via Whatsapp (+1 651-243 -8090) untuk informasi lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda,

    Jadi, terima kasih banyak telah meluangkan waktu Anda untuk membaca tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda.
    Nama saya adalah kabu layu, Anda dapat menghubungi saya untuk referensi lebih lanjut melalui email saya: (kabulayu18@gmail.com)

    Terima kasih semua.

    BalasHapus