Selasa, 24 Juni 2014

Dasar-Dasar Kewirausahaan

Assalamu'alaikum:)
Hai, hai, hai ketemu lagi dengan saya, please jangan bosan habisan sekarang emang udah libur tapi saya belum liburan kemana-mana jadinya lari ke blog deh-_-hehe
Sekarang sesuai dengan judul karena saya baru lulus dari kelas X yang menggunakan kurikulum 2013 jadi saya akan membagikan sedikit pengetahuan dari mata pelajaran PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN. sebab, bagi kalian nantinya yang sama-sama kurikulum 2013 akan mendapatkan mata pelajaran ini.
Sedikit sebelum ke materi, saya kasih tahu bahwa mata pelajaran ini seru kita akan disuruh menjahit, menyulam, dan sebagainya. Mata pelajaran ini menurut saya perlu agar kita dapat melatih kreativitas dan inovasi kita dalam mencapai dunia kewirausahaan yang asli nantinya. Yaudah yuk lanjut ke materi. . . . .
DASAR-DASAR KEWIRAUSAHAAN
Materi ini saya ambil dari pertanyaan guru saya tentang bab DASAR-DASAR KEWIRAUSAHAAN, jadi saya akan menulis pertanyaanya terlebih dahulu, baru menjawabnya. Nah jawaban itu adalah materi ringkas dari DASAR-DASAR KEWIRAUSAHAAN.
Pertanyaan- - -
1. Jelaskan perbedaan antara kewirausahaan dan wirausahaan!
2. Jelaskan apakah karakteristik wirausahaan bersifat turunan/genetik!
3. Jelaskan apakah seorang wirausahaan sama dengan seorang pedagang/manager!
4. Jelaskan 2 jenis stimulasi berwirausaha!
5. Sebutkan dan jelaskan 7 karakteristik wirausahaan!
Jawaban- - -
1. Kewirausahaan adalah sikap dan kemampuan yang dimiliki seseorang dalam menciptakan sesuatu yang bernilai tinggi dan berguna bagi dirinya sendiri dan orang lain. Sedangkan wirausahaan adalah seseorang yang memiliki jiwa kreatif dan inovatif dalam menghasilkan sesuatu yang baru yang dapat diterima oleh masyarakat.
2. Karakteristik wirausahaan tidak bersifat turunan, karena jika seseorang wirausahaan memiliki sifat malas dan tidak mau bekerja, sikap wirausahaan itu tidak akan muncul walaupun orangtua dan keluarganya adalah seorang wirausahaan yang sukses dalam berwirausaha. Jadi seorang wirausaha itu harus memiliki sikap dan sifat yang ulet, disiplin, rajin, dan lainnya.
3. Seorang pedagang/manager tidak dapat disebut sebagai seorang wirausahaan karena seorang pedagang/manager adalah peranan sebagai penyalur atau distributor untuk menjualkan barang atau jasa sedangkan seorang wirausahaan adalah sang pencipta atau produsen dalam menciptakan sesuatu yang memiliki sifat kreatif dan inovatif.
4. Ada dua macam stimulasi, yaitu :
- Stimulasi internal adalah rangsangan atau dorongan yang berasal dari dalam diri sendiri untuk menjadi lebih maju. Contoh : belajar sesuai keinginan sendiri untuk mendapat juara kelas.
- Stimulasi eksternal adalah rangsangan atau dorongan yang berasal dari seseorang yang dapat mempengaruhi yang bersifat paksaan atau rujukan. Contoh : sang Ayah memaksa anaknya untuk belajar.
5. Ada 7 macam karakteristik seorang wirausahaan, yaitu :
- Disiplin adalah ketetapan waktu dalam mencapai target produk.
- Komitmen terhadap mutu adalah ketetapan dalam diri sendiri terhadap mutu dan kualitas produk.
- Jujur adalah tidak bohong terhadap harga dan menyangkut suatu produk.
- Kreatif adalah  menciptakan sesuatu yang baru yang belum ada di masyarakat.
- Inovatif adalah memperbaharui sesuatu yang ada di masyarakat dan dijadikan sesuatu yang baru.
- Mandiri adalah tidak dipengaruhi oleh orang lain dalam mengambil keputusan dan bertindak.
- Rasional adalah sesuai dengan realita yang ada.

Yeaayy selesai, nah itulah materi ringkas sesuai pertanyaan pada bab DASAR-DASAR KEWIRAUSAHAAN, semoga kelas X kurikulum 2013 dapat sukses di semua mata pelajaran, aamiin O:)
Wassalamu'alaikum...

Ingin berteman?
Fb : Yulia Dalimunthe
Twitter : @yuliadlm
Ask.fm : @yuliadlm
Email : yuliadlm11@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar